Kamis, 15 Desember 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


China dan AS Pantau Pemilu Taiwan

Posted: 15 Dec 2011 07:02 AM PST

TAIPE - Pemilihan Presiden Taiwan yang akan berlangsung Januari 2012 mendatang diwarnai isu ekonomi domestik namun tak terlepas pula dari masalah internasional. Amerika Serikat (AS) dan China pun tampak mengawasi proses pemilihan umum di Taiwan.

Calon incumbent Ma Ying-jeou menginginkan agar Taiwan bergerak mendekat ke China, sementara pesaingnya Tsai Ing-wen menolak untuk mendekatkan diri ke Negeri Panda itu karena China mengklaim sebuah pulau tak berpenghuni yang juga diklaim Taiwan. Demikian seperti diberitakan Associated Press, Kamis (15/12/2011).

Beijing dan Washington mengawasi secara ketat proses pemilu yang akan segera berlangsung. Beijing menganggap Ma sebagai kandidat terbaik guna menggiring Taiwan kembali dalam kendali China.

AS sendiri menyatakan akan bersikap netral dalam pemilu Taiwan. Namun AS menekankan, penting bagi Paman Sam untuk menjaga hubungan antara China dan Taiwan sebagai kunci perdamaian dan pembangunan ekonomi regional. Jajak pendapat dan debat pemilihan Presiden Taiwan sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 14 Januari mendatang.(rhs)

Full content generated by Get Full RSS.

61 Orang Siap Terima Lee Kuan Yew Water Prize 2011

Posted: 15 Dec 2011 06:05 AM PST

SINGAPURA - Sekira 61 orang dari lima benua akan menerima penghargaan Lee Kuan Yew Water Prize 2011, 61 orang itu dinyatakan memberikan kontribusi terhadap masalah lingkungan.

Penghargaan tersebut diberikan karena mereka memanfaatkan tenaga surya untuk pengolahan air di berbagai proyek-proyek kemanusiaan, termasuk juga dalam program penelitian yang mereka lakukan di bidang limnologi, kualitas air bersih dan kesehatan. Nama penghargaan itu sendiri diambil dari nama mantan Perdana Menteri Singapura. Demikian seperti diberitakan straits times, Kamis (15/12/2011).

Para nominator Lee kuan Yew Award Water Prize 2011 akan menjalani dua putaran seleksi ketat. Pemenang akan diumumkan oleh para juri yang terdiri dari akademisi, perusahaan multinasional dan badan - badan pemerintahan yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean.

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan Maret 2012 mendatang. Selanjutnya akan diadakan acara penghormatan pada Juli 2012 bertepatan dengan Pekan Air Internasional bagi para pemenang.

Pemenang juga akan menerima hadiah sekira USD300.000 atau sekira Rp2.7 miliar (Rp.9150 perdollar), sertifikat dan medali emas. Hadiah ini disponsori oleh Yayasan Milenium Singapura.(rhs)

Full content generated by Get Full RSS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar