Jumat, 23 Desember 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Gubernur: Aom Kusman turut bangun kesenian Sunda

Posted: 23 Dec 2011 05:59 AM PST

Aom Kusman (FOTO ANTARA/Fahrul Jayadiputra)

Berita Terkait

Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan almarhum Aom Kusman merupakan salah satu seniman senior sunda yang kerap memberikan masukan bagi pembangunan kesenian dan kebudayaan masyarakat Sunda.

Ahmad Heryawan, dalam siaran persnya, Jumat mengatakan pihaknya sangat menghargai sosok Aom sebagai tokoh seniman yang kerap memberikan masukan bagi pembangunan kesenian dan kebudayaan di Jawa Barat.

Ia menuturkan, almarhum merupakan seniman yang sangat santun namun tegas dan seringkali melontarkan kritikan dengan gaya humor yang kental.

Heryawan menyatakan tentu semua merasa kehilangan sosok beliau. Kang Aom almarhum merupakan komedian asal Sukabumi yang kerap tampil dengan logat sunda dan berpenampilan khas adat Jawa Barat.

Oleh karena itu, kata Heryawan, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dirinya menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Aom Kusman yang meninggal dunia saat awal adzan subuh atau sekitar pukul 04.00 WIB, Jumat.

Almarhum Aom Kusman, seniman kelahiran Sukabumi tahun 1948 itu meninggal genap usia 63 tahun karena penyakit gula darah atau diabetesnya.

Pelawak yang terkenal lewat serial Si Kabayan itu meninggal di kediamannya di Jalan Rajamantri Tengah III Nomor 1, RT 04/14, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

Aom Kusman juga dikenal dengan penampilannya bersama kelompok komedi De` Kabayan pada tahun 1970 an hingga 1980 an.

Bersama Kang Ibing, Ujang, Sofyan Hargono dan Suryana Fatah, Aom hingga usia paruh bayanya Aom masih eksis melawak.

Usai shalat Jumat jenazah Aom Kusman dikebumikan di pemakaman keluarga di Cimaragas, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Aom Kusman meninggalkan seorang istri Popi Sewu (60), serta dua anak Sylvie Salvia (35), Bugie Bagus Priadi Nurlatif Kusman Kartanegara (32) serta lima orang cucu.
(U.KR-ASJ/Z003)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Chris John perankan "Keluarga Kudus" saat Natal

Posted: 23 Dec 2011 05:39 AM PST

Petinju Chris John (ANATARA/Teresia May)

Berita Terkait

Video

Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John dan keluarganya mendapat peran "Keluarga Kudus" saat perayaan Natal di Gereja Kapel Elizabeth Semarang, Sabtu (24/12) malam.

Istri Chris John, Anna Maria Megawati, ketika dihubungi di Semarang, Jumat, mengatakan, ini merupakan pertama kali bagi keluarganya mendapat peran saat merayakan Natal karena sebelumnya tidak pernah.

Menurut mantan atlet wushu Jawa Tengah tersebut, dirinya dan keluarga tentu merasa sangat tersanjung bisa memerankan "Keluarga Kudus" saat perayaan Natal nanti.

"`Keluarga Kudus` yang kami perankan ini seperti drama dan kami sudah harus bersiap dengan di gereja tersebut pukul 19.00 WIB, sedangkan kegiatannya sendiri dimulai pukul 20.00 WIB," kata ibu dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut.

Ia mengatakan, saat perayaan Natal besok, Chris Jon memerankan sebagai Yoseph, dirinya sebagai Maria, dan kedua anaknya sebagai Malaikat.

Menurut dia, berdasarkan informasi, Chris John akan memakai pakian adat Bali saat memerankan "Keluarga Kudus" tersebut.

"Semula Chris John sempat ragu dengan peran tersebut karena yang bersangkutan merasa tidak mampu, tetapi pengurus gereja tersebut merasa yakin Chris John bisa melaksanakan dan akhirnya bersedia," katanya.

Ia mengatakan, perayaan Natal bersama Chris John ini merupakan hal yang sangat jarang sejak yang bersangkutan menjadi juara dunia tinju kelas bulu WBA 2003 tetapi sekarang ini keluarga besar Chris John bisa kumpul.

"Dulunya kalau perayaan Natal, Chris John sedang berada di Australia untuk persiapan naik ring atau ada kesibukan lainnya, tetapi kali ini kami bisa berkumpul bersama," katanya.

Ketika ditanya harapannya dengan Natal 2011 ini, dia mengatakan, dirinya berharap bisa mencerminkan Keluarga Kudus tersebut.

"Memang sangat sulit tetapi dengan peran tersebut kami berharap bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, saat Chris John sebagai petinju dan saat yang bersangkutan sebagai kepala keluarga di rumah," katanya.
(T.H015/A030)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar